Rabu, 17 Juli 2013

Macam - macam aplikasi pengolah angka

excel Aplikasi Pengolah Angka
Aplikasi pengolah angka banyak digunakan untuk mengelola data-data dan mengubahnya menjadi informasi yang berguna serta dapat dikomunikasikan dengan orang lain.
macam-macam aplikasi pengolah angka yang umum digunakan : 1. KSpread kspread_1
merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform.
Open source artinya kita dapat men-download aplikasi secara gratis, baik dalam bentuk hasil kompile yang siap diinstal dan dijalankan, maupun dalam bentuk
kode-kode program.
Multiplatform artinya dapat dijalankan di berbagai sistem operasi.
2. StarOffice Calc staroffice-calc
adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform.
Stadata rOffice Calc mempunyai kemampuan untuk mengenali dan mengklarifikasi data yang ditempatkan di lembaran kerja dan membantu penggunanya untuk membuat
grafik dari data tersebut.
3. OpenOffice Calc openoffice_calc
adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat open source dan multiplatform.
OpenOffice Calc memiliki tampilan jendela yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar serta didesain agar mudah digunakan .
4. GNOME Office - Gnumeric gnumeric_163_ubuntu
adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office dan bersifat open source serta multiplatform.
Gnumeric merupakan suatu aplikasi pengolah angka kualitas tinggi yang dikembangkan dalam proyek GNOME Office.
5. Abacus abacus
adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan.
Aplikasi ini awalnya dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal.
6. WingZ wingz
adalah program aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform dan freeware meski dibatasi hanya untuk penggunaan nonkomersial dan tidak untuk dijual
kembali.
WingZ bukan sekedar aplikasi pengolah angka biasa tetapi program aplikasi pengolah angka yang dilangkapi dengan perangkat alat bantu untuk menganalisis
data dinamis dengan fungsi-fungsi lengkap dalam bidang statistik, rekayasa, dan keuangan serta dengan adanya ketersediaan matriks lembaran kerja yang
multiplayer.
7. XESS xess50_web
adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS dan bersifat multiplatform.
XESS dikeluarkan dalam 2 versi, yaitu versi Enterprise yang dibuat untuk penggunaan di tingkat perusahaan dan versi LIte yang ditujukan untuk pengguana
perorangan.
untuk penggunaan di tingkat Enterprise, XESS dikeluarkan dengan 3 macam pilihan, yaitu XESS yang dilengkapi fungsi-fungsi standar serta kompatibel dengan
Lotus dan Excel, XessPlus yang dilengkapi dengan kemampuan menggunakan Macro Add-Ins, dan XessSDK yang dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan pemrograman.
8. Xxl xxl
adalah aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Universitas Nice dan dapat dijalankan di komputer dengan sistem operasi Unix.
Xxl mempunyai tampilan GUI yang sederhana dan mudah digunakan serta dilengkapi dengan fungsi-fungsi kompleks yang tidak ada di aplikasi pengolah angka lain
pada umumnya, karena fungsi-fungsi tersebut memang jarang digunakan oleh pengguna umum.
9. Lotus 1-2-3 lotus-1-2-3
merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh IBM dan dapat dijalankan di sistem operasi berbasis Windows.
Lotus 1-2-3 mempunyai kemampuan untuk mempertukarkan dokumen dengan aplikasi lain seperti Excel dan merupakan aplikasi pengolah angka yang paling tua.
aplikasi pengolah angka yang dibuat belakangan didesain agar kompatibel dengan dokumen yang dihasilkan oleh Lotus 1-2-3.
10. Microsoft Excel untitled
adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft, perusahaan perangkat lunak terbesar dunia. Microsoft Excel hanya dapat dijalankan di sistem
operasi Windows dan tidak pada sistem operasi lain.
Excel mempunyai tampilan yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar yang memudahkan penggunanya menjalankan perintah yang diinginkan.
Jendela Excel juga dilangkapi dengan Task Pane yang memungkinkan pengguna mencari bantuan dari Help Excel maupun bantuan secara Online, semua ini membuat
Excel menjadi aplikasi yang mudah digunakan.
Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang paling banyak digunakan. karena itu, aplikasi-aplikasi lain dibangun agar dapat kompatibel dengan dokumen Excel.
Excel dilengkapi dengan kemampuan dan fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi pengolah angka lain.

Memilih Aplikasi Pengolah Angka
sebelum memilih sebuah aplikasi pengolah angka yang digunakan, ada beberapa hal yang terlebuh dahulu perlu dipertimbangkan.
1. Kebutuhan
hal pertama yang perlu kita pertimbangkan dalam memilih aplikasi pengolah angka adalah aplikasi seperti apa yang kita butuhkan.
2. Kemampuan mempertukarkan file
hal ini merupakan hal penting yang menjadi pertimbangan kita. karena jika file yang kita terima tidak dapat dibuka oleh aplikasi yang digunakan atau file yang
kita berikan tidak dapat dibuka oleh aplikasi orang lain, maka tentu saja hal ini cukup menyulitkan.
3. Kemudahan Penggunaan
aplikasi yang udah digunakan akan meningkatkan produktivitas kita. jika ada orang yang baru belajar atau kita ingin mempelajari fitur-fitur baru dari aplikasi,
maka tidak akan menemukan kesulitan.
4. Fitur-fitur
Fitur-fitur yang banyak akan membuat kita lebih nyaman bekerja dengan aplikasi pengolah angka yang dipilih. fitur-fitur yang dicari adalah fitur-fitur yang
memungkinkan kita mengelola data dengan mudah dan mengatur data tersebut agar menghasilkan informasi yang berguna.
5. Platform
platform aplikasi pengolah angka juga perlu dipertimbangkan, apakah sesuai dengan sistem operasi yang diinstal di komputer yang digunakan. meskipun beberapa
aplikasi pengolah angkat bersifat multiplatform, namun ada juga aplikasi yang hanya dapat dijalankan di sistem operasi tertentu saja.
6. Harga
harga merupakan hal penting dalam memilih sebuah aplikasi pengolah angka yang digunakan. jika kita mempunyai dana yang cukup maka kita dapat memilih aplikasi
yang mahal sekalipun. sebaliknya, jika kita mempunyai dana yang terbatas, maka kita dapat memilih aplikasi pengolah angka yang lebih murah atau yang bersifat
open source (gratis)

Operasi dasar komputer dan perangkat lunak dalam sistem informasi

Di dalam bidang teknologi informasi, computer merupakan alat yang dapat menyajikan informasi. Informasi merupakan hasil proses dari data data yang diinput. Input yang dikenal oleh computer adalah bilangan 0 dan 1 sebagai bilangan biner ( Binary Code Decimal ). Komputer merupakan kebutuhan mutlak bagi lembaga lembaga pemerintah maupun swasta, Pada awalnya, computer hanya berdiri sendiri tanpa terhubung satu dengan lainnya ( stand alone ).
1.1 Mengaktifkan dan Mematikan computer sesuai dengan Prosedur
A. Macam Port Sistem Unit ( Console )
Satu unit computer terdiri dari CPU, monitor, keybord, dan mouse. CPU merupakan system unit atau console yang memiliki beberapa port. Port pada computer berfungsi sebagi antarmuka antara sebuah computer dengan computer atau dengan unit ( device ) lain. Pada umumnya, port digunakan untuk menghubungkan monitor, keyboard, mouse, modem, dan periferal lainnya. Port memiliki standar bentuk sendiri, misalnya port untuk keyboard berbentuk bulat. Berikut ini beberapa jenis port :
1. Port serial, port ini memiliki sembilan pin yang digunakan untuk menghubungkan
Mouse, joystick, dan modem eksternal
2. Port pararel, port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan
Modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki kabel untuk port paralel.
3. PS/2, port ini disebut dengan port serial type2 yang digunakan untuk menghubung
Kan keyboard dan mouse.Untuk port keyboard berwarna ungu dan untuk port
Mouse berwarna hijau.
4. USB (Universal Serial Bus),port ini merupakan port multifungsi yang dapat
Digunakan pada beberapa perangkat,seperti mouse,keyboard,modem,card wireless
,dll.
B. Peralatan pendukung computer
Untuk menghidupkan dan mematikan computer,terdapat beberapa prosedur yang perlu diperhatikan. Sebelum melakukan prosedur menghidupkan dan mematikan computer,dan agar kita dapat bekerja dengan nyaman,ada beberapa peralatan-peralatan tambahan yang dibutuhkan,yaitu:
· Instalasi listrik yang baik
Instalasi listrik yang baik akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna computer.Kabel power yang digunakanuntuk computer harus benar-benar baik dan tahan terhadap panas.
· Stabilizer
Alat ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke power supply computer.Kita tidak mengetahui kalau tegangan listrik yang kita gunakan terkadang mengalami penurunan atau penaikan daya secara tiba-tiba,dengan menggunakan stabilizer hal tersebut dapat diantasipasi.
· Uninteruptible Power Supply (UPS)
Alat ini sebagai cadangan power (battery) apabila lampu padam.UPS dapat menyimpan power sekitar 3-5 jam sehingga kita dapat melanjutkan pekerjaan.
· Air Conditioner (AC)
Sebenarnya alat ini sebagai pendingan ruangan.Namun AC juga sangat bermanfaat untuk mengurangi panas yang berlebihan pada computer.Terutama laboratorium yang memiliki beberapa computer,perlu menggunakan AC.
C. Prosedur Untuk Menghidupkan dan Mematikan Komputer
Menghidupkan dan mematikan computer adalah hal yang sangat penting agar computer dapat selalu berfungsi dengan baik. Berikut adalah prosedur menghidupkan dan mematikan computer dengan sistem operasi Windows XP.
1. Menghidupkan Komputer
· Periksa kabel power apakah sudah tersambung pada UPS dan stabilizer sebelum UPS dan stabilizer dihubungkan dengan listrik.
· Periksa keyboard, mouse, dan monitor apakah sudah tersambung dengan portnya maing masing.
· Periksa disket (Floppy Disk) pada floppy drive A. Jika ada disket keluarkan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan computer pertama kali booting akan membca disket pada floppy drive A.
· Tekan power pada UPS dan stabilizer, kemudian tekan power pada CPU dn monitor. Tunggu proses booting berjalan sampai selesai.
· Setelah booting selesai akan tampil desktop.
2. Mematikan Komputer
· Pastikan semua program aplikasi sudah tertutup.
· Klik Start pada Taskbar.
· Klik Turn Off (untuk Windows XP) / Shutdown untuk versi sebelumnya.
· Klik Turn Off.
· Tunggu sampai proses Logging off pada computer selesai.
· Kemudian, matikan computer dengan menekan tombol power yang ada pada CPU dan tombol monitor.
· Selanjutnya, matikan perangkat yang lain seperti stabilizer dan UPS.
1.2 Perangkat Lunak dalm Sistem Informasi
  1. Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak
Perangkat lunak adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Pemrosesan data yang dikerjakan perangkat lunak bersifat machine-like (keinginan mesin) dan sekarang mulai berubah dengan sifat human-like (keinginan manusia). Di dalam teori, hierarki informasi disusun mulai dari pengumpulan data / fakta, pengolahan dan pengurutan data dengan proses seleksi samapai menjadi sesuatu yang berguna berupa informasi. Informsi yang disusun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge (pengetahuan).









Data

Pengolahan Data

Informasi

Pengetahuan

Gambar 1.7 Hierarki Informasi
Berdasarkan perkembangannya, perangkat lunak dibagi menjadi beberapa era, yaitu :
  • Era pemula (pionir)
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan sambungan kabel ke antarbagian dalam computer. Cara mengakses computer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang dilubangi. Penggunaan computer saat itu masih dilakukan secara langsung oleh sebuah program untuk sebuah mesin dengan tujuan tertentu.
  • Era stabil
Pada era stabil penggunaan computer sudah banyak digunakan, tidak hanya oleh kalangan peniliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Pada era ini mulai dikenal system basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang diproses).
  • Era mikro
Sejalan dengan berkembangnya informasi dan semakin luasnya jaringan computer, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dibedakan menjadi perangkat lunak system yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu.
  • Era modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana mana, tidak hanya pada sebuah supercomputer dengan 25 prosesor-nya, sebuah computer genggam pun telah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC. Tidak hanya computer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, mesin cuci, AC, dan microwave, telah ditanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu.
B. Macam-Macam Perangkat Lunak
Perangkat lunak atau software terbagi menjadi 4 macam, yaitu: system operasi (Operating System), program aplikasi (Application Programs), bahasa pemrograman (Programming Language), dan program bantu (Utility).
1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi adalah program awal yang mengendalikan system kerja computer yang mendasar yaitu mengatur kerja input, proses dan output termasuk mengatur memori dan jadwal kerja prosesor. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Beberapa contoh system operasi adalah sebagai berikut.
  • IBM-DOS (IBM – Disk Operating System)
  • MS-DOS (Microsoft Disk Operating System)
  • Microsoft Windows
  • OS / 2
  • OS / 400
  • Linux
  • Unix
  • Sun Microsystem
Interaksi antara pengguna dan computer dikenal melalui 2 cara.
  • CUI (Character User Interface) adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah
  • GUI (Graphical User Interface) adalah pemberian instruksi dengan cara tunjuk (pointer) pada tampilan.
2. Program Aplikasi
Program aplikasi adalah software yang dirancang khusus untuk kebutuhan kebutuhan tertentu. Berdasarkan kebutuhan kebutuhan tersebut maka program aplikasi dibagi menjadi :
  • Word Processing merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah kata, contohnya WordStar, Word Perfect, ChiWriter, dan Microsoft Word. Aplikasi ini membantu kita dalam membuat dokumen surat, curriculum vitae, dan karya tulis. Software word processing terbagi menjadi dua yaitu berbasis teks dan grafis. Software yang paling umum digunakan adalah yang berbasis grafis, contohnya Microsoft Word.
  • Spreadsheet adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolahan angka, contohnya: Lotus, SuperCalc, Quattro, Symphony, dan Microsoft Excel.
  • Presentasi adalah aplikasi yang berorientasi untuk mempresentasikan makalah, contohnya Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash. Aplikasi ini membantu kita dalam menyajikan suatu makalah lebih professional dan menarik yang dilengkapi dengan animasi teks dan gambar.
  • Database adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolahan data, contohnya dBase III+, Fox Base, Foxpro, Microsoft Access. Aplikasi ini membantu kita dalam mengatur data, misalnya data siswa, data penjualan, pembelian, persediaan barang. Contoh software database yang berbasis teks adalah dBase III+ dan software berbasis grafis adalah Microsoft Access.
  • Desktop Publishing adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolahan gambar (desain grafis), contohnya Ventura, Page Maker, CorelDraw, dan PhotoShop. Aplikasi ini banyak digunakan dalam dunia percetakan. Aplikasi ini membantu kita dalam membuat dan mengedit gambar, foto-foto digital, poster, brosur, leafet.
  • Multimedia adalah aplikasi yang dapat digunakan dengan beberapa media baik melalui computer, PDA, handphone dan peralatan teknologi informasi lainnya seperti Winamp, Real Player, dan Media Player.
  • Internet adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu dalam mencari aplikasi informasi dan komunikasi melalui jaringan internet, seperti Internet Explorer, MozillaFire Fox, chat dan messenger.
  • CAD (Computer aid Design) aplikasi yang berorientasi pada pengolahan rancangan konstruksi mesin ataupun bangunan, contohnya autoCAD.
3. Bahasa Pemrograman ( Programming Language)
Perangkat lunak bahasa pemrograman (programming language) adalah software yang digunakan dan berfungsi untuk membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa bahasa dengan aturan atau prosedur tertentu. Ada tiga level tingkat bahasa pemrograman, yaitu:
  • Bahasa tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga dengan bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasa ini dengan menggunakan kode angka 0 dan 1. Yang termasuk kedalam bahasa mesin ini adalah Machine Language, Assembly Language, dan RPG (Report Program Generator) yaitu program untuk mendesain laporan.
  • Bahasa tingkat tinggi (high level language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari oleh pengguna computer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya adalah BASIC, COBOL, FORTRAN, PASCAL.
  • Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) ini merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut dengan Object Oriented Programming (OOP), Software bahasa 4 GL diantaranya Visual Basic, Delphi, Visual C++.
4. Program Bantu (Utility)
Software ini berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang berhubungan dengan computer misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dll. Software ini diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Norton Utility (Norton Commander, Norton Disk Doctor)
Norton Commander merupakan utility dalam mengelola file yang memberikan kemudahan dalam mengopi file, membuat folder atau directory, mengganti nama file.
  • WinZip, aplikasi ini sangat berguna untuk mengkompres file. Mengkompres adalah mengubah ukuran file yang besar menjadi kecil, sehingga ketika akan membackup file tidak memakan ruangan memori yang besar.
  • Norton Ghost
Aplikasi ini membantu kita membackup harddisk secara keseluruhan termasuk software system operasi dan aplikasi dan membackup partisi. Dengan Norton Ghost Anda tidak perlu repot repot untuk menginstall harddisk kosong yang membutuhkan waktu lama.
  • Antivirus, merupakan software utility atau yang membantu untuk memberikan keamanan computer terhadap serangan virus. Jenis virus ada banyak diantaranya Worm, Trojan, Backdoor, dll.
C. Perangkat Lunak untuk Keamanan Komputer (Antivirus)
Untuk menigkatkan keamanan computer dari serangan virus maupun hacker diperlukan perangakat lunak, seperi antivirus dan firewall. Virus adalah sebuah program yang menyusup dan dapat berkembang biak dengan sendirinya dalam media penyimpanan computer. Virus yang menyerang computer jenisnya bervariasi baik virus local sampai jaringan. Saat ini telah banyak sekali berkembang perangkat lunak antivirus, seperti Norton AntiVirus, McAfee, Panda titanium, AVG, PC-Cillin, dsb. Dampak yang ditimbulkan oleh serangan virus adalah:
  • Menghabiskan ruang atau memori media penyimpanan,
  • Mengganggu kinerja memori sehingga aktivitas memori lambat,
  • Mempengaruhi kinerja computer secara keseluruhan,
  • Merusak file file yang terdapat dalam computer, dan
  • Merusak perangkat keras computer dalam jangka waktu yang lama.
Beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghindari serangan virus adalah:
  • Memberikan proteksi computer dengan antivirus
Langkah ini merupakan awal untuk memberikan perlindungan computer terhadap serangan virus, baik virus local maupun virusd jaringan.
  • Melakukan update antivirus dan databasenya
Setelah anda menginstall computer dengan antivirus, maka hal yang tidak boleh terlupakan adalah untuk selalu mengupdate database antivirus terbaru.
  • Berhati-hati terhadap file kiriman atau file hasil download
Virus dapat menyebar melalui file file, untuk itu berhati hatilah terhadap file file baru yang Anda dapatkan dari hasil download.
  • Mengetahui kondisi dan kinerja computer
Kinerja computer biasanya hanya dapat diketahui oleh pemiliknya. Anda harus dapat mengetahui keganjilan keganjilan yang terjadi terhadap computer sendiri.
  • Melakukan backup data secara rutin
Data data yang memang sangat penting sebaiknya anda backup secara rutin. Anda dapat membackup file file penting kedalam CD, Flashdisk, atau darddisk ekternal.
1.3 Penggunaan Perangkat Lunak Aplikasi dalam Sistem Operasi
A. Melihat Informasi tentang Sistem Komputer
Sistem operasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan, sebagai contoh system operasi Windows dan Linux. Dua system operasi ini memiliki keunggulan masing masing dan juga kekurangannya baik dari segi tampilannya, kompatibilitas terhadap setiap program aplikasi, dan cara penggunaannya. Sistem operasi yang andal adalah system operasi yang mampu memecahkan masalah masalah dalam pengelolaan informasi, dapat menyesuaikan dengan segala macam hardware dan periferal, serta menyediakan lingkungan bersahabat (user friendly). Berikut ini langkah untuk melihat tampilan informasi system computer.
  • Klik menu Start.
  • Arahkan pointer mouse pada All Programs.
  • Arahkan pointer mouse pada Accessories.
  • Arahkan pointer mouse pada System Tools.
  • Klik System Information.
  • Kemudian akan tampil jendela system informasi.
Dalam tampilan jendela System Information Anda dapat segera mengetahui spesifikasi system operasi yang digunakan, prosesor yang digunakan, direktori, memori, dll.
B. Menggunakan Kalkulator
Fasilitas kalkulator yang dimiliki oleh system operasi Windows XP ini akan membantu menyelesaikan masalah dalam pengelolaan informasi, terutama masalah perhitungan. Untuk mengaktifkannya, lakukan langkah berikut.
  • Klik menu Start.
  • Arahkan pointer mouse pada All Programs.
  • Arahkan pointer mouse pada Accessories.
  • Klik Calculator.
Selain model kalkulator untuk perhitungan biasa, Windows juga memiliki fasilitas calculator scientific yang berguna untuk melakukan perhitungan yang lebih rumit. Untuk mengubah tampilan menjadi kalkulator scientific, berikut uraiannya.
· Klik menu View.
· Klik Scientific.
C. Menggunakan WordPad untuk Membuat Surat Sederhana
Artikel atau makalah dalam system operasi Windows terdapat WordPad. WordPad ini merupakan paket pengolah kata yang dimiliki oleh system operasi Windows. Berikut ini langkah untuk mengaktifkan WordPad.
  • Klik menu Start.
  • Arahkan pointer mouse pada All Programs.
  • Arahkan pointer mouse pada Accessories.
  • Klik WordPad.
Berikut ini fungsi dari beberapa menu dan ikon yang dimiliki oleh WordPad. Menu bar pada gambar menu WordPad terdiri dari menu File, Edit, View, Insert, Format, dan Help. Menu File berfungsi untuk melakukan operasi operasi file atau dokumen. Menu Edit berfungsi untuk melakukan operasi editing (perbaikan dan perubahan). Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan yang dibutuhkan oleh lembar kerja yaitu menampilkan toolbars standard, format bar, ruler, dan status bar serta opsi lainnya. Menu Insert berfungsi untuk melakukan proses penyisipan yang meliputi tanggal dan jam (date and time) dan objek lainnya baik dalam bentuk ikon maupun gambar. Menu Format berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap naskah atau teks yang diketik agar menjadi lebih bagus dan menarik. Menu Help berfungsi sebagai fasilitas bantuan yang memberikan petunjuk dalam mengoperasikan suatu perintah yang belum kita pahami.
D. Menggunakan Paint (Menggambar)
Mendesain gambar atau menggambar dapat dilakukan melalui Paint yang terdapat pada system operasi Windows. Untuk membuka Paint, berikut langkahnya.
  • Klik menu Start.
  • Arahkan pointer mouse pada All Programs.
  • Arahkan pointer mouse pada Accessories.
  • Klik Paint.
Berikut ini langkah untuk menggambar objek lingkaran.
· Klik ikon Ellipse.
· Drag and drop pada daerah yang diinginkan sehingga membentuk lingkaran.
Untuk memberikan warna pada gambar, berikut langkahnya.
  • Klik warna yang diinginkan.
  • Klik ikon Fill with colors.
  • Klik pada daerah yang akan diwarnai.
Untuk menyimpan hasil gambar dapat dilakukan dengan cara:
· Klik menu File.
· Klik Save, kemudian akan tampil kotak dialog Save As.
· Tentukan directory tempat menyimpan data pada Save in.
· Klik Save untuk melakukan penyimpanan atau Cancel jika ingin membatalkannya.
Fungsi fungsi dari toolbox untuk mengambar adalah sebagai berikut.
  • Free Form Select, untuk memblok objek tidak beraturan.
  • Select, untuk memblok objek dengan bentuk segi empat.
  • Eraser, untuk menghapus objek atau teks.
  • Fill With Color, untuk mewarnai suatu objek.
  • Pick Color, untuk mewarnai suatu objek secara halus.
  • Magnifier, untuk memperbesar tampilan.
  • Pencil, untuk menggambar dengan ikon pencil.
  • Brush, untuk menggambar dengan seperti mengecat.
  • Airbrush, untuk mewarnai dengan cara disemprot.
  • Text, untuk membuat objek tulisan (teks).
  • Line, untuk menggambar garis.
  • Curve, untuk menggambar bentuk kurva.
  • Rectangle, untuk menggambar segi empat.
  • Polygon, untuk menggambar segi banyak.
  • Ellipse, untuk menggambar lingkaran dan elips.
  • Rounded Rectangle, untuk menggambarkan segi empat dengan sudut lengkung.
E. Memutar Film (VCD) dan Lagu (MP3)
File film atau video yang dapat ditampilkan dalam media player ini adalah yang memiliki ekstensi dat, wmv, avi, mpg, mpeg, dan file musik atau lagu mp3. Untuk mengaktifkan Windows Media Player, berikut uraiannya.
  • Klik Start pada taskbar.
  • Arahkan pointer mouse pada All Programs.
  • Arahkan pointer mouse pada Accessories.
  • Arahkan pointer mouse pada Entertainment.
  • Klik Windows Media Player.
  1. Membuka dan Memainkan File Video
    • Klik menu File.
    • Klik Open.
Pada kotak dialog Open, tentukan:
· Folder, dimana file video disimpan pada kotak Look in.
· Files of type, jenis file video yang akan ditampilkan (all types, all files, mpeg, avi, dll.)
· Klik nama file pada kotak display, misalnya Windows Movie Maker 2 Sample file.
· Klik Open.
  1. Control Media Player
Untuk mengontrol film yang sedang dimainkan oleh Windows Media Player, gunakan toolbar yang dimiliki Windows Media Player.

Membuat tabel, gambar, diagram dan grafik

Sebenarnya variasi dalam dokumen pengolah kata banyak sekali, akan tetapi yang sering digunakan adalah sebagai berikut : 
 - Tabel 
- Grafik 
- Gambar
- Diagram
Dalam hal ini, saya akan menerangkan pada sobat blogger satu persatu:
1. Buka dulu program microsoft word pada komputer kamu.
2. Kemudian klik Menu Table – insert – Table . . . seperti di gambar di bawah ini :

Cara membuat tabel

3. setelah kamu klik tabel, nanti akan muncul jendela seperti di bawah ini :

Cara membuat tabel

Number of column adalah untuk menentukan jumlah kolom, sedangkan untuk number of row adalah untuk menentukan jumlah baris, masukkan angka sesuai dengan kebutuhanmu.
contoh di atas adalah dengan jumlah sebanyak 5 kolom dan 10 baris, setelah memaskkan angkanya. klik OK. maka tabel akan muncul seperti dibawah ini :
Cara membuat tabel
setiap kali membuat tabel, bentuk tabel akan rata memenuhi jendela microsoft word, untuk mengecilkan dan melebarkan kolom tabel caranya adalah dengan mengarahkan mouse pointer kamu pada garis kolom yang ingin kamu geser, arahkan mouse pointer hingga berubah menjadi panah dengan dua arah kanan kiri. klik dan tahap pada garis kolom, kemudian tarik ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhanmu. agar lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini :

Cara membuat tabel
Merge Cells
menu merge cells (atau menggabungkan cells) bisa digunakan jika kamu ingin membuat tabel yang berbentuk seperti ini
membuat tabel
contoh tabel di atas adalah menggunakan merge cells, yaitu menggabungkan kolom atau baris menjadi satu,
caranya adalah :
1. siapkan tabel kerja kamu
2. blokpada kolom atau baris yang ingin kamu gabungkan, (cara mengeblok adalah dengan klik dan tahan mouse pointer pada salah satu kolom atau baris kemudian geser mouse pointer ke arah kolom lain ) misalnya seperti gambar di bawah ini
membuat tabel
3. Kemudian setelah diblok, klik menu Table, Merge Cells
membuat tabel
4. Maka hasilnya adalah seperti ini
membuat tabel
langkah di atas adalah untuk menggabungkan dua baris menjadi satu, untuk menggabungkan kolom pun juga sama, kamu tinggal menge blog kolomnya dan kemudian pilih menu merge cells seperti contoh diatas.


 

Cara Menyisipkan Chart / Grafik di Document Word 2007


 
Untuk Menyisipkan Grafik pada Document Word 2007 dapat anda lakukan jika memang dalam penulisan yang anda lakukan membutuhkan sebuah perbandingan yang selalu menyertakan angka-angka perbandingan atau suatu kondisi. Pada Microsoft Word 2007, ketika anda akan Menyisipkan Grafik maka secara otomatis anda juga akan terhubung langsung dengan Microsoft Excel. Hal ini di karena dalam membuat sebuah grafik adalah sebuah perbandingan angka yang harus di hitung.

Nah, bagaimanakah Cara Menyisipkan Chart / Grafik di Document Word 2007? Caranya sebagai berikut.

1. Pada menu ribbon klik Insert.
2. Kemudian klik Chart pada grup Illustrations.

Chart, Grafik, Microsoft Word 2007

3. Maka akan muncul gambar seperti gambar di bawah ini.
4. Pilih Chart yang anda inginkan kemudian klik OK.

Chart, Grafik, Microsoft Word 2007, Tips Komputer

5. Maka anda akan di hadapkan dengan Dua Jendela yaitu Microsoft Word dan Microsoft Excel.
(Lihat gambar di bawah ini).

Chart, Grafik, Microsoft Word 2007, Tips Word 2007

6. Anda bisa langsung melakukan perbandingan atau perhitungan sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan

Membuat dokumen mail merge dan menggunakan template

A.MEMBUAT DOKUMEN INDUK

Mail merge : salah satu fasilitas yang ada pada microsoft word yang sangat berguna bagi kita ketika membuat sebuah data yang memiliki format yang sama tapi memiliki beberapa data yang berbeda dan banyak. contoh sederhana ketika kita membuat sebuah undangan. undang mempunya format yang sama, misalnya pada bagian hari, tanggal, dan acara. sedangkan data yang berbeda misalnya nama yang diundang, dan juga alamat yang diundang. seperti contoh di bawah ini.
Menggunakan fasilitas Mail Merge, dapat melalui langkah – langkah berikut:
Yang pertama ketiklah contoh naskah undangan di bawah ini, untuk bagian Nama, alamat dan kota dikosongkan saja, berikan ruang kosong untuk nantinya disipi nama darimail merge.
setelah contoh naskah undangan di atas selesai diketik, sekarang saatnya mencoba fasilitas mail merge. Klik pada Menu Tools , kemudian klik pada Letters anda Mailings, kemudian klik pada Mail Merge . . .

setelah Mail Merge . Pada bagian ini, menentukan dokumen yang digunakan sebagai dokumen induk.
- Use the current document,memilih dokumen aktif sebagai dokumen induk.
- Start from a template, bentuk format surat yang sudah disediakan Microsoft Word
- Start from existing document, dokumen induk diambil dari dokumen lain yang pernah dibuat.
Klik, perhatian pada jendela microsoft word bagian kanan, akan ada jendela mail merge seperti gambar di bawah ini. klik pada bagian Letters, kemudian lihat bagian bawah dan klik pada Next : starting document.


lalu akan diarahkan pada jendela starting document seperti gambar di bawah ini, klik pada Use the current document , kemudian klik pada Next: select recipient

pada jendela recipients seperti gambar di bawah ini, klik pada Type a news lits, kemudian klik pada Create
B.MEMBUAT DOKUMEN SUMBER DATA
setelah itu klik Create pada langkah sebelumnya tadi, akan muncul jendela New adress list seperti di bawah ini. jendela ini berfungsi untuk mengatur data data yang akan digunakan pada fasilitasmail merge. secara default sudah disediakan daftar kolom isian seperti di bawah ini. tapi karena yang akan kita gunakan pada latihan di atas hanyalah 3 kolom saja, yaitu Nama, ALamat, dan kota, maka kita akan mengganti semua kolom yang sudah disediakan dengan 3 kolom tadi, caranya klik pada tombol Customize


setelah kamu klik Cuztomize akan muncul jendela cuztomize address list seperti di bawah ini. hapuslah semua yang ada pada kolom Field names tersebut dengan cara klik pada tombol Delete.

jika setelah itu klik tombol delete muncul peringatan seperti gambar di bawah ini, klik pada tombol yes.

setelah semua terhapus, sekarang saatnya menambahkan field baru, dengan cara klik pada Tombol Add ,

setelah kamu klik tombol Add akan muncul jendela Add field seperti gambar di bawah ini. masukkan nama fieldnya yang pertama, yaitu “nama” kemudian klik tombol OK .

dengan langkah yang sama buat lah field untuk “alamat” dan juga “kota” , sehingga hasilnya seperti gambar di bawah ini, selelah ketiga field selesai dibuat, klik pada tombol OK

klik pada tombol OK pada langkah sebelumnya tadi, jendela address list telah berubah menjadi seperti gambar di bawah ini. masukkanlah nama, alamat, dan kota yang ingin diundang. seperti contoh di bawah ini. kemudian untuk menampilkan kolom address baru, tinggal pada tombol New Entry.

pada contoh gambar di bawah ini merupakan kolom address pada urutan ke empat, untuk melihat address kolom sebelumnya klik pada tombol Previous, tombol First untuk kolom pertama, tombol Next untuk melihat kolom selanjutnya , dan tombol last untuk melihat kolom address yang terakhir. jika semua data telah diisi klik pada tombol Close.

setelah kamu klik tombol close, akan muncul jendela Save Address list seperti gambar di bawah ini. berikan nama file nya, kemudian klik pada tombol save.

setelah kamu klik pada tombol save, akan muncul jendela Mail Merge Recipients seperti gambar di bawah ini, klik pada tombol OK

setelah kamu klik pada tombol OK, perhatikan toolbar bagian atas microsoft word, maka akan tampak toolbar baru, yaitu toolbar untuk fasilitas mail merge.

untuk mengaktifkan fasilitas mail merge yang baru kita buat tadi, aktifkan kursor pada ruang kosong di bawah tulisan Yth. Bpk/Ibu/Sdr. seperti gambar di bawah ini.
C.MENGGABUNGKAN DOKUMEN INDUK DAN SUMBER DATA
letakkan kursor di situ, klik pada menu Insert Merge Field, sehingga akan muncul daftar Fieldnya, pilih klik pada field nama. lakukan langkah yang sama untuk menampilkan alamat, dan Kota.


akan muncul jendela Insert Merge Fied sperti gambar di bawah ini. klik pada Field “Nama,” kemudian klik OK. lakukan langkah yangsama untuk field “alamat” dan

sehingga hasilnya akan seperti gambar di bawah ini :

pada gambar di atas hanya muncul <>, <>, dan <> , nah untuk menampilkan data sesungguhnya klik pada Icon ABC seperti pada gambar di bawah ini.

maka data akan tampil seperti gambar di bawah ini.

untuk menampilkan data halaman kedua klik pada icon panah, seperti gambar di bawah ini.
Pada taskpane yang ditampilkan klik tanda >> untuk menampilkan isi field berikutnya yang disisipkan pada dokumen induk dan tanda << untuk menampilkan isi field sebelumnya.


D.MENCETAK MAIL MERGE
Klik link Next : Complete the merge, task pane Mail Merge. Pilih Print atau Edit individual letters pada task pane Mail Merge, apabila pilih print, dokumen akan langsung dicetak menggunakan printer. Apabila memilih Edit individual letter dokumen akan dipindahkan ke dalam dokumen bar dan untuk selanjutnya akan di cetak.
1. Menggunakan Printer
Pilih print pada task pane Mail Merge terakhir.
Terdapat tiga pilihan pada kotak dialog Merge to Printer, yaitu.
- All, untuk mencetak semua data (record)
- Current record, untuk mencetak data (record) yang sedang aktif
- From:__To:__, untuk mencetak data (record) tertentu yang diinginkan. Klik tombol OK maka akan tampil kotak dialog Print

Beberapa bagian pada kotak dialog Print, yaitu sebagai berikut
- Name, nama printer yang digunakan
- Properties, tombol untuk melakukan pengaturan dokumen yang akan dicetak
- Page range, bagian (range) halaman dokumen yang akan dicetak.
* All, mencetak semua halaman dalam dokumen
* Current page, mencetak halaman aktif dimana kursor berada.
* Selection, mencetak hanya teks yang dipilih
* Pages, mencetak halaman tertentu
- Number of copies, banyaknya salinan (rangkap) halaman yang dicetak.
- Print what, beberapa bagian yang iongin dicetak
- Print, pilihan rentang halaman yang dicetak, seperti semua halaman
- Zoom, mengubah sementara skala dokumen
* Page per sheet, banyaknya halaman yang ingin dicetak dalama satu halaman
* Scale to paper size, ukuran kertas dari dokumen yang dicetak

Selanjutnya klik tombol Ok.
2. Menggunakan Dokumen Baru
Pada task pane Mail Merge terakhir, klik Edit individual letters. Kotak dialog Merge to New Document aka ditampilkan. Pilih atau tentukan data yang akan dicetak ke dokumen baru selanjutnya klik tombol OK. Dokumen baru akan ditampilkan dalam jendela Microsoft Word yang berjudul Letter l yang siap untuk dicetak.
E. MEMBUAT LAPORAN ( REPORT )
Microsoft Word XP telah menyediakan format atau template untuk membuat laporan. Laporan ada 3 bentuk yang telah disediakan yaitu Contemporary Report, Elegant Report, dan Professional Report.
Langkah-langkah yang diambil dalam pembuatan laporan :
• Klik Menu File – New.
• Pada bagian New from templates, pilih General Templates. Selanjutnya, kotak dialog templates akan ditampilkan. Pilih Tab Reports, selanjutnya berbagai templates report akan ditampilkan.
• Pilih salah satu jenis report yang akan digunakan. Sebagagai pilih contoh Professional Report.
• Lalu klik tombol OK.
• Lalu isi dan modifikasi bentuk sesuai dengan kebutuhan.

F. MEMBUAT TULISAN ILMIAH
Microsoft Word XP yang menyediakan fasilitas untuk membuat tulisan ilmiah disebut fasilitas Thesis.
Langkah-langkah membuat Thesis :
• Klik menu File-New. Yang akan tertampil secara otomatis. Lalu pilih General Templates pada bagian New from template.
• Pada kotak dialog Templates, pilih tab Publications kemudian pilih Thesis.
• Klik tombol OK
• Kamu dapat melakukan modifikasi sesuai dengan kemauan anda

G. MEMBUAT BROSUR
Kita dapat emmbuat brosur sesuai dengan keinginan kita dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut :
• Klik menu File-New. Yang akan tertampil secara otomatis. Lalu pilih General Templates pada bagian New from template.
• Pada kotak dialog Templates, pilih tab Publications kemudian pilih Brochure
• Klik tombol OK
• Kamu dapat mngetiksesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.

H. MEMBUAT SURAT DAN FAX
Kita dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan untuk membuat surat dan fax dengan mengikuti cara-cara sebagai berikut :
• Klik menu File-New. Yang akan tertampil secara otomatis. Lalu pilih General Templates pada bagian New from template.
• Pada kotak dialog Tempaltes, Pilih tab Letters and Faxes
• Tentukan jenis surat atau fax yang kamu inginkan lalu klik tombol OK
• Modifikasi isi surat atau fax sesuai